Rabu, 10 September 2008

Its complicated ACEH = Arab, CINA. Eropa, HINDIA

Kampoeng Atjeh Community Develop Organizer, tanpa sengaja terjebak dalam arus lalulintas diskusi paling panas yang pernah ada. Bagaimana tidak, dalam diskusi ini dikupas habis-habisan tentang karakteristik, sikap, kemampuan dan keahlian masyarakat aceh terkini. meja sudut kiri, sinyalemen menguat, Ureung Aceh mandum Manok Agam, hampir rata-rata, itupun klo kita bisa mengatakan hampir semua, orang aceh pingin jadi boss ditempat dia bekerja, mereka lupa, sebenarnya kemampuan manajerialnya kurang, tapi yang namanya orang aceh, keras kepalanya mengalahkan segalanya. Ups... saya jadi ingat, ketika tahun 2006 mengikuti 1 workshop tentang housing component, seorang pembicara, dari referensi yang ditampilkan, pernah bekerja dihampir seluruh bumi ini termasuk indonesia dan aceh, berperawakan kebapakan, bahasa aceh yang kental, walaupun semua peserta tau kalau dia berasal dari bumi EROPA, termanggu, terdiam ketika menceritakan perkembangan programnya. Ahli perumahan itu begitu terpukul, ketika hampir semua metode perumahan dan disiplin ilmu arsitek harus kalah dengan kerasnya kepala orang-orang disini. Keras kepala yang diangungkan itu mirip sekali dengan batu karang yang kokoh, fanatik, ditunjang dengan Kemampuan agama diatas rata-rata, maka tak salah ketika sebagian memfavoritkan sebagai aceh = arab. Semua orang aceh berkeinginan menjadi pemimpin, walau hanya bermodal ilmu keras kepala. Saya jadi ingat kawan saya lagi, yang punya usaha klontong keluarga, dengan bangga bercerita, dulu waktu saya yang jaga, saya bisa menggaji diri saya sendiri dengan tinggi, tapi begitu saya mempunyai staff, saya berusaha untuk menurunkan ring gaji, biarpun posisi jabatannya sama. Mata saya jadi gelap, pitam, tanpa sadar aceh = cina. Prinsip ekonomi berlaku habis-habisan disini, dengan modal kecil, bisa mendapatkan keuntungan sebesar dunia. (bersambung)

1 komentar:

marymaryati mengatakan...

Assalamu'alaikum bung Akbar...

Saya Maryati, saya mendengar tentang kampoeng atjeh dari alfan, di jakarta.

Saya denger ada produk kaos juga ya, bolehkan ditampilkan gambar2 desainnya dan kisaran harganya berapa?

Bisakah pesen lewat blog dan dikirimkan. prosedurnya bagaimana?

Terima Kasih,

Maryati
email:marymaryati@yahoo.com